Berita Kota Tangerang

10 Resolusi Sehat 2017 Untuk Gaya Hidup Sehat


10 Resolusi Sehat 2017

Tahun telah berganti. Anda mungkin sudah memiliki daftar resolusi tahun baru. Tapi, jangan lupa menyisipkan gaya hidup sehat ke dalam daftar resolusi 2017.

Gaya hidup sehat sebenarnya dapat menjadi dasar untuk mencapai resolusi lainnya. Nah, setidaknya ada 10 gaya hidup sehat yang bisa menjadi daftar resolusi 2017 seperti dikutip dari Health.com ini.

1. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan merupakan salah satu resolusi tahun baru yang paling populer. Pada awal tahun baru, orang-orang yang berusaha diet mungkin akan berseru, “Menuju Langsing 2017”.

Sayangnya banyak yang sering gagal mencapai resolusi yang satu ini. Jadi, jangan kendurkan semangat menurunkan berat badan pada bulan-bulan berikutnya.

Mulailah rajin berolahraga, makan makanan sehat dan tidak berlebihan untuk mendapatkan berat badan ideal. Kelebihan berat badan sangat mengancam kesehatan, seperti meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

2. Silaturahmi

Menjaga silaturahmi juga merupakan salah satu gaya hidup sehat. Mengapa? Sejumlah penelitian menunjukkan, orang-orang yang memiliki ikatan sosial yang kuat memiliki usia harapan hidup yang lebih lama.

Dalam studi tahun 2010 yang dipublikasikan di jurnal PLoS Medicine mengungkapkan, kurangnya ikatan sosial bisa mengarahkan seseorang pada penyalahgunaan alkohol, merokok, bahkan kurang olahraga.

Jadi, tetaplah berhubungan baik yang positif dengan keluarga, teman atau kerabat.

3. Berhenti merokok

Seperti halnya menurunkan berat badan, berhenti merokok juga kerap menjadi resolusi tahun baru, tetapi sering kali gagal diwujudkan.

Direktur Program Pencegahan Penyakit Kardiovaskular di St. Luke dan Roosevelt Hospital di New York City, Merle Myerson, MD mengatakan, berhenti merokok memang tidak mudah. Tetapi, Merle selalu mengingatkan kepada perokok, berapa banyak uang yang bisa dihemat dengan tidak merokok.

Butuh niat dan komitmen yang kuat untuk bisa berhenti merokok. Jangan tunggu sakit untuk menetapkan resolusi yang satu ini.

4. Hemat

Resolusi hemat yang dimaksud di sini adalah hemat demi mengubah gaya hidup sehat. Mulailah kurangi kebiasaan tergantung pada naik mobil atau ojek, untuk pergi ke tempat-tempat yang sebenarnya tidak terlalu jauh.

Anda bisa berjalan kaki atau naik sepeda saja ke kantor. Selain menyehatkan diri sendiri, kebiasaan itu juga akan menyehatkan lingkungan karena berkurangnya polusi.

Mulailah rutin olahraga yang murah meriah, seperti berlari atau senam aerobik bersama di luar ruangan.

5. Hindari stres

Mulai sekarang hindarilah stres. Pikiran yang stres bisa menyebabkan insomnia, depresi, hingga memperburuk penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Menurut dokter Roberta Lee dari Beth Israel Medical Center, di New York City, stres bisa dipicu oleh kurang tidur, kurang olahraga, bahkan jika jarang menghabiskan waktu dengan keluarga maupun teman-teman.

Roberta mengatakan, mengambil waktu libutan, relaksasi, cukup tidur dan bersosialisasi dapat membantu mengatasi maupun mencegah stres.

6. Jadi relawan

Jangan lupa berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Menurut koordinator edukasi publik di New York State Psychological Association, Peter Kanaris, PhD, selama ini banyak orang hanya memikirkan kebahagiaannya sendiri dan berusaha memerbaiki diri sendiri saja.

Padahal, kebahagiaan kita dapat meningkat dengan membantu orang lain. Dan kebahagiaan baik untuk kesehatan. Sebuah studi 2010 menemukan, orang-orang yang memiliki emosi positif memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung.

7. Teruslah belajar

Belajar tak mengenal usia. Menurut studi 2007, orang dewasa pada usia menengah yang kembali menempuh pendidikan, memiliki memori dan kemampuan verbal yang lebih baik.

Menurut penelitian, hal ini dapat menurunkan risiko Alzheimer. Dengan kembali belajar, bertemu orang-orang baru, dapat meningkatkan kemampuan otak.

8. Kurangi minum alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit, seperti jantung, lever, hipertensi, hingga stroke. Alkohol juga dapat memengaruhi neurotransmitter di otak sehingga meningkatkan risiko depresi, kehilangan memori, bahkan kejang.

Jadi, pikir ulang sebelum menegak alkohol. Hindari kegiatan pesta minum minuman keras bersama teman-teman.

9. Cukup tidur

Cukup tidur sangat penting bagi kesehatan tubuh maupun pikiran. Kurang tidur bisa merusak suasana hati, meningkatkan obesitas dan diabetes tipe dua.

Dengan tidur yang cukup dan berkualitas berfungsi untuk mengistirahatkan sejenak organ-organ tubuh yang telah bekerja seharian penuh. Pagi harinya, Anda pun akan bangun penuh kesegaran.

10. Piknik

Resolusi sehat yang terakhir adalah piknik atau pergi jalan-jalan. Bersenang-senang selama jalan-jalan bisa memberikan manfaat kesehatan. Apalagi jika pikiran Anda sedang penat karena stres.

Pergi piknik atau berlibur juga bisa memberikan petualangan dalam kehidupan. Anda bisa bertemu dengan banyak orang baru di sejumlah daerah dan memahami sebuah kehidupan.

Source : health.kompas


Posting terkait dengan 10 Resolusi Sehat 2017 Untuk Gaya Hidup Sehat







Hak cipta © Dewitnet