Berita Kota Tangerang

Membuat WordPress eCommerce Store Dengan Shopify


Setelah pada post membahas  toko online di facebook menggunakan layanan gratis shopify pada kesempatan kali ini platform wordpress menjadi salah satu pilihan untuk membuat toko online namun tetap menggunakan Ecommerce Shopify versi trial.

Tahun lalu angka penjualan online mencapai $1.47 triliun. Dimana saat ini online store adalah usaha yang sangat menjanjikan. Meski saat ini banyak wordpress ecommerce plugin yang dapat membantu kita membuat online store, akan sangat bagus jika wordpress dan shopify digabungkan untuk membuat ecommerce store. Pada postingan ini kita akan membahas bagaimana cara membuat wordpress ecommerce store dengan stopify.

Why Choose Shopify?

Shopify

Shopify merupakan sebuah platform eCommerce dimana setiap orang dapat membuat dan membangun online store mereka tanpa pengetahuan teknikal mengenai online store. Shopify merupakan hosted platform yang artinya semua data store kita ada pada server utama shopify. Kita dapat menggunakan shopify dengan self hosted wordpress site dengan domain kita sendiri.

Shopify menawarkan secure shopping cart, dengan lebih dari 70 payment gateway, shipping options, shopify menyediakan berbagai bahasa dari seleuruh dunia.

Shopify dapat melakukan flexible shipping options, dan automatic tax calculations.

Jika kita sudah memiliki self hosted wordpress site, maka kita sudah bisa membuat online store dengan menggunakan shopify tanpa harus khawatir mengenai technical aspek mengenai ecommerce store seperti mensetting SSL, mengintegrasikan payment gateway, handling shipping, perhitungan pajak dan lain sebagainya.

Editor Choice:  Cara Menambahkan Facebook Like Button di WordPress

Getting Started With Shopify

Pertama kita perlu mengunjungi website Shopify dan melakukan signup account. Shopify menawarkan 3 plan pricing yang berbeda, dan bagusnya kita dapat mencobanya secara gratis selama 14 hari trial period.

Setelah kita melakukan signup, Shopify akan mensetup online store untuk kita dengan subdomain. Kita akan diarahkan pada Shopify Dashboard, seperti pada gambar berikut:

Shopify Dashboard

Untuk dapat menambahkan produk, klik pada tab product pada menu di admin bar, setelah itu klik Add product button. Disini kita dapat menyediakan informasi mengenai product yang akan ditambahkan seperti title atau judul, deskripsi product, menambahkan gambar product, harga product, shipping options, etc.

Shopify Add Product

Setelah selesai klik save product button. Lakukan langkah tersebut untuk memasukan beberapa product.

Adding Shopify To Your Self Hosted WordPress Site

Langkah paling mudah untuk menambahkan shopify ke self hosted wordpress site adalah dengan cara menambahkan link store in your menu.

Kita dapat melakukannya dengan mengunjungi WordPress admin area (Appearance » Menu).

Add Store Link Menu

Selanjutnya klik custom link tab lalu tambahkan Shopify stire link kita pada menu tersebut.

Dengan begitu user akan melihat store online kita, ketika user mengklik link tersebut, mereka akan diarahkan pada shopify store kita.

Salah satu kekurangannya adalah secara teori user akan melihat perbedaan url/domain. Jika kita ingin mengintegrasikan shopify didalam wordpress, maka lanjutnya membaca postingan ini.

Integrating Shopify with WordPress

Untuk dapat menambahkan product kedalam wordpress site, kita pertama perlu mengaktifkan Shopify buy Button App. Klik menu App pada Shopify Admin dashboard lalu kunjungi App store website shopify.

Shopify Apps

Cari Buy Button App, lalu setelah itu klik Get button untuk dapat mengaktifkan aplikasi tersebut pada Shopify Store kita.

Buy Button App

Setelah aplikasi Buy Button aktif, kita akan diarahkan ke setting aplikasi tersebut, disini kita dapat memilih product yang ingin kita masukan kedalam buy button.

Shopify Buy Button

Pilih product pada popup lalu klik select product button untuk melanjutkan. Pada tampilan selanjutnya kita akan melihat preview product. Klik generate embed code untuk melanjutkan.

Generate Embed Code

Selanjutnya kita akan melihat embed code. Klik check box ” I need to add script tags separately”. Maka kita akan melihat 2 kode berbeda.

Shopify Embed Code\

Copy kode pertama kedalam WordPress theme’s header.php, tepat setelah tag </head>.

Alternatifnya kita bisa menginstall dan mengaktifkan Insert Headers and Footer plugin untuk memasukan kode tersebut kedalam wordpress site.

Setelah kita memasukan kode script pertama pada header wordpress kita. Kita dapat mengcopy pada kode kedua, lalu paste kedalam postingan wordpress, pages, atau widget.

Preview Shopify Embed

Lakukan langkah tersebut untuk product lainnya dan salam sukses


Posting terkait dengan Membuat WordPress eCommerce Store Dengan Shopify







Hak cipta © Dewitnet