Berita Kota Tangerang

Menampilkan Related Pages WordPress Dengan Plugin


Salah satucara untuk mengurangi bounce rate pada blog adalah dengan menampilkan related post atau page, agar pembaca tertarik untuk melanjutkan bacaannya pada konten yang terkait. Jika sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara menampilkan related posts pada wordpress. Pada postingan ini kita akan membahas bagaimana cara menampilkan related pages pada wordpress.

Showing Related Pages in WordPress Using Plugin

Cara termudah untuk menampilkan related pages pada wordpress adalah dengan menggunakan plugin. Pertama kita perlu menginstall dan mengaktifkan Yet Another Related Posts Plugin (YARPP) plugin. Setelah diaktfikan pergi ke Settings » YARPP untuk mengkonfigurasi.

Yet Another Related Posts Plugin (YARPP) plugin

Pada tampilan plugin setting page, scroll kebawah hingga menemukan bagian ‘Display Options for your website’. Tepat dibawah opsi Automatically Display, check pada ‘pages’ dan uncheck ‘post and media’. That’s all, setelah itu klik save button untuk menyimpan pengaturan. Setleah itu YARPP plugin akan menampilkan related pages dibagian bawah page content pada website kita.

YARPP Settings Page

Perlu diketahui bahwa YARPP bisa saja diblok penggunaanya oleh sebagian wordpress plugins dan wordpress hosting provider, ini dikarenakan YARPP plugin memerlukan space database yang cukup besar. Permasalahan lainnya dalam penggunaan plugin ini adalah YARPP plugin tidak dapat melakukan pencarian database dalam bentuk text (jika MySQL storage engine di set sebagai InnoDB).

Showing Related Pages in WordPress Without Plugin

Cara efisien untuk dapat menampilkan related posts pada wordpress adalah dengan menggunakan tags dan categories. Namun karena pages pada wordpress tidak memiliki tags ataupun categories, maka dari itu kita perlu mengaktifkan categories and tags untuk wordpress pages. Untuk dapat mengaktifkannya kita perlu menginstall dan mengaktifkan Post Tags and Categories for Pages plugin.

Setelah plugin tersebut diaktifkan maka secara otomatis akan mengaktifkan categories and tags untuk pages wordpress.

Sekarang kita perlu mengedit beberapa pages yang kita anggap berhubungan satu sama lainnya lalu masukan tags untuk setiap pages tersebut. Contoh jika website kita memiliki page about company dan company history, kita bisa menambahkan tags pada kedua pages tersebut about us.

Setelah kita menambahkan tags pada beberapa pages pada website kita, selanjutnya adalah kita perlu menambahkan kode berikut ini kedalam file function.php atau pada file site specific plugin.

function wpb_related_pages() { 
$orig_post = $post;
global $post;
$tags = wp_get_post_tags($post->ID);
if ($tags) {
$tag_ids = array();
foreach($tags as $individual_tag)
$tag_ids[] = $individual_tag->term_id;
$args=array(
'post_type' => 'page',
'tag__in' => $tag_ids,
'post__not_in' => array($post->ID),
'posts_per_page'=>5
);
$my_query = new WP_Query( $args );
if( $my_query->have_posts() ) {
echo '
<div id="relatedpages">
<h3>Related Pages</h3>
<ul>';
while( $my_query->have_posts() ) {
$my_query->the_post();
?>
<li>
<div class="relatedthumb"><a href="<? the_permalink()?>" rel="bookmark" title="<?php the_title(); ?>"><?php the_post_thumbnail('thumb'); ?></a></div>
<div class="relatedcontent">
<h3><a href="<? the_permalink()?>" rel="bookmark" title="<?php the_title(); ?>"><?php the_title(); ?></a></h3>
<?php the_time('M j, Y') ?>
</div>
</li>
<? }
echo '</ul>
</div>
';
} else { 
echo "No Related Pages Found:";
}
}
$post = $orig_post;
wp_reset_query(); 
}

Kode tersebut akan mencari tags yang terkait pada setiap pages, setelah itu menjalankan sebuah database query untuk memfetch pages yang memiliki tags yang sama. Untuk dapat menampilkan list of pages, kita perlu mengedit page template. Pada umumnya file page berupa page.php atau content-page.php. Masukan kode berikut ini dimana kita ingin menampilkan related pages.

<?php wpb_related_pages(); ?> 

Kode tersebut akan penampilkan related pages pada setiap pages di wordpress. Pada tampilan dasarnya akan terlihat kurang bagus, kita perlu menambahkan beberapa kode css agar terlihat lebih menarik.

Note: code in functions.php are treated the same as plugins.

Demikian dahulu untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat.


Posting terkait dengan Menampilkan Related Pages WordPress Dengan Plugin







Hak cipta © Dewitnet